2. Kalaupun brand muncul di depan kehadirannya menjadi bagian dari cerita itu
4. Brand diperlakukan secara netral dan tidak sebagai hero
5. Nuansa iklannya hampir gak terasa
6. SURPRISENYA TINGGI sehingga orang mau nge-share.
ombud lalu berkata :Sebelum kita membahas lebih jauh tentang storytelling, ada baiknya kita memetakan dan mempelajari macam-macam cara orang berjualan yang sering dilakukan orang adalah :
1. ROUGH SELLING
Cara berjualan dengan cara kasar dan menyakiti hati konsumennya.
Misalnya produk MLM. Mereka mengundang orang untuk datang ke suatu tempat cuma ngasih tau bahwa ada prospek bisnis. Pas kita datang ke rumahnya, ternyata mereka jualan., Begitu juga yang terjadi pada orang yang jualan asuransi.
Seringkali salesgirlnya berjualan dengan cara yang memaksa sehingga kita jadi kesel dan marah. Cara berjualan seperti ini biasanya membuat orang jadi tidak bersimpati pada brand kita.
2. HARD SELLING
Hard selling adalah cara berjualan dengan cara berteriak-teriak seperti tukang obat.
Yang diteriakkan biasanya semua tentang kehebatan dan semua benefit yang ada di brandnya.Cara berjualan seperti ini biasanya sulit untuk dipercaya karena janjinya too good to be true. Kalo di social media, ini contoh hard selling...
3. SOFT SELLING
Cara berjualan secara halus dengan tone and manner yang elegan. Meskipun caranya halus, orang tentu saja tau bahwa itu iklan.Cara berjualan seperti ini mungkin menyenangkan calon konsumen tapi karena tau bahwa itu iklan, mereka sering enggan untuk nge-share.Coba lihat iklan ini.
Gak ada satupun kata2nya yang jualan. Kata-katanya justru berisi puisi dari seorang anak untuk bapaknya di Father's day...
Gak gitu kebaca ya? coba baca dulu kata ombud ,beliau kasih waktu 2 menit,dan kamipun mulai membaca tulisan bahasa inggris tersebut,walaupun setelah membaca ada kata yang tidak kami pahami ya udah kami hanya bisa tersenyum aja deh
Because I’ve known you all my life
Because a red Rudge bicycle once made me the happiest boy on the street
Because you let me play cricket on the lawn
Because you used to dance in the kitchen with a tea-towel round your waist
Because your cheque book was always busy on my behalf
Because our house was always full of book and laughter
Because of countless Saturday morning you gave up to watch a small boy play rugby
Because you never expected too much of me or let me get away with too little
Because of all nights you sat working at your desk while I lay sleeping in my bed
Because you never embarrassed me by talking about the birds and the bees
Because I know there’s a faded newspaper clipping in your wallet about my scholarship
Because you always made me polish…
kami mengerti tapi hanya sebagian setelah kami baca,selanjutnya terserah anda apa mau lihat kamus atau minta bantu google translite,baik kita lanjutkan kata ombud.
4. COVERT SELLING
Covert Selling adalah cara beriklan dengan cara menyembunyikan brandnya. Orang tidak tau dan tidak merasa bahwa itu iklan.
STORYTELLING ADA DI MANA DONG? ini pertanyaan yang harus di jawab maka ombud menjawab dengan seksama : Storytelling ada di antara soft selling dan covert selling.maka dapat kita katakan bahwasanya strorytelling adalah iklan yang tersembunyi,atau iklan yang di sampaikan secara halus sehingga pembaca tidak menyadarinya
Diharapkan sebuah storytelling, komunikasinya bisa halus dan elegan seperti soft selling tapi juga sekaligus mampu mendapatkan share sebanyak mungkin seperti covert selling.
storytelling bisa dalam bentuk teks,gambar dan ide-de lainnya, yang belum pernah di buat orang misalkan seperti gambar berikut ini
aneh tapi nyata itulah yang di inginkan orang zaman sekarang,apabila kita nekat berbuat yang berbeda maka itulah yang benar
Bercerita” (storytelling) menjadi metode ampuh dalam menyampaikan gagasan, menulis fiksi, jualan produk, mengajarkan sesuatu, mendongeng untuk anak, menawarkan jasa layanan (service), sampai kampanye politik.
Dunia terasa lebih “hidup” karena orang bercerita. dengan baik dan benar serta penuh wibawa
Storytelling merupakan perpaduan seni dan ilmu pengetahuan yang berharga mahal. dan tidak semua orang bisa membuatnya,Yang bisa bertahan di media sosial, kalau mereka punya cerita, sekalipun itu cerita bohong. bisa saja membuat pembaca hanyut dalam aliran sungai yang deras tampa di sadari,padahal pembaca sudah timbul tengelam di buat nya,itulah dia story telling
tampamu dunia terasa hampa.tampa warna,dan ketika engkau datang seakan dunia penuh canda dan tawa serta bak pelangi yang lagi menari,engkau adalah karya yang amat menarik ,yang merupakan perpaduan ilmu kekinian dengan seni yang luar biasa,maka hiasailah dunia ini dengan kisahmu,kisa yang membawa kita selalu ceria dan bahagia,
maka dari itu wahai penulis mulailah menulis kisah atau cerita tentang Story Telling agar hidupmu jadi bahagia.teruslah berkarya sampa kapanpun ,hidup penulis.
Sip ibuk..sdh jd resumenya.lnjuut resume selanjutnya....
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih atas semangatnya
HapusKeren Cepet sekali
BalasHapusalhamdulillah,kebetulan ada waktu
Hapustarik bu....
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih mas,lanjut
Hapus