Latihan menulis
Resume Ke 13
Belajar Menulis Gelombang 8
Sesi 13 atau pertemuan ke 13
Hari /Tangal ; Kamis, 16 April 2020
Pemateri : Mengajar Gaya Motivator
Judul : Aris Ahmad Jaya
Penulis Resume : Fatimah,S.Si ( SMAN 1 Dewantara,Aceh Utara )
Malam ini saya agak terlambat mengikuti
pelatihan menulis karena saya tadi pulang agak telat, habis itu mandi, habis
mandi salat Magrib ,setelah salat Magrib tiba –tiba kepala saya puyeng artinya
pusing tujuh keliling, tapi tidak lama kemudian ,alhamdulillah sakit saya agak
berkurang dan setelah beberapa saat saya sanggup bangun dan begitu bisa bangun
saya langsung lihat hp karena saya sangat ingin ikut Training mengajar gaya
motivator,mata saya saat itu langsung
tertuju pada sms yang omjay kirimkan ke group belajar menulis kata-katanya
“keren
dong materinya pasti berbeda dengan yang lain karena ini adalah MGM mengajar
gaya motivator “
setelah itu saya jadi sangat tertarik
akhirnya saya mulai membaca dan mendengarkan
dari pertama, berikut kata ini permulaan
dari:
pak
Aris Ahmad perkenalkan saya Aris Ahmad saya saat ini sebagai seorang motivator
character building dan juga trainer serta coach sekolah-sekolah unggul
Indonesia dengan momentum saat ini di mana anak-anak kita sedang belajar
dirumah guru pun seharusnya belajar kembali tentang bagaimana memiliki seni
menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai dirindukan oleh anak didiknya
sehingga pembelajaran menjadi menarik .
pola mengajar gaya motivator atau MGM dan insya Allah dengan momentum saat ini saya berbagi dengan anda
dan silakan Anda bagi kepada guru-guru yang lain yang belum sempat mengikuti
training online ini ( intinya belajar dan mengajar itu yang terlitas di pikiran
saya )lalu beliau berkata insya Allah
anda akan mempelajari banyak hal diantaranya adalah bagaimana anda menjadi
pribadi yang mampu menarik dan menyenangkan ,pribadi yang dirindukan dan
pribadi yang mampu menginspirasi serta menjadikan anak didik Anda mencintai
Anda .
selanjutnya bapak Aris berdasarkan niat saya membagi guru menjadi dua yang pertama
adalah guru betulan yang kedua adalah guru kebetulan guru betulan adalah guru yang memang dari awal ingin
menjadi seorang pendidik ingin mengajak dan memang dia ingin menjadi guru guru
betulan ini memang seorang guru yang diidamkan guru yang memiliki energi untuk
mengajar energi untuk bertemu dengan siswa energi untuk mengeluarkan
keilmuannya kepada anak didiknya guru betulan memang guru yang diidamkan oleh
setiap siswa
yang kedua guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan
menjadi pengajar maka dia menjadi guru kebetulan lulus dari universitas dan
sambil menunggu pekerjaan maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan kita
terima makanya akhirnya menjadi guru sehingga mau tidak mau harus melanjutkan
impian orang tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu kebetulan
ada temen yang ngajak daripada nganggur maka menjadi guru apakah guru kebetulan
namun kadang-kadang guru kebetulan pun
akan menjadi guru betulan ketika dia mau belajar mau mengerti bahwa ini bagian
dari sebuah proses yang harus dihadapi dan kadang-kadang guru kebetulan pun
bisa menjadi guru yang menjalani kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh
karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus
dijalankan apakah ada guru betulan atau kebetulan itu salah dan jadi yang jadi masalah adalah ketika anda tidak
mau menerima profesi anda sebagai seorang guru ,itu yang masalah baik ada guru
betulan maupun anda guru kebetulan ketika anda menerima profesi ada ini sebagai
bagian dari sebuah pilihan dan mau
memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan menyenangkan menginspirasi anak
didik Anda mencintai ilmu yang anda sampaikan maka sesungguhnya guru betulan
maupun guru kebetulan buahnya akan manis manakala dia adalah guru yang
mencintai profesinya, apa artinya guru betulan namun tidak mau belajar
menyampaikan asal-asalan dan menyesali pilihan hidupnya karena itu selamat
datang para guru yang mau menginvestasikan waktu untuk belajar ,saya akan mencoba
membantu anda untuk menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang
akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun karena anda
adalah kurikulum yang sesungguhnya apapun yang anda bawa murid Anda akan
mencintai manakala dia menyukai anda karenanya izinkan saya untuk hari ini pada
sesi kali ini mengajarkan kepada anda
bagaimana anda menjadi guru yang dirindukan kehadirannya, kepergiannya guru
yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan ,baik pembelajaran apapun yang
anda berikan Anda adalah kurikulumnya karena anda adalah guru yang menyenangkan
dan diizinkan mudah-mudahan untuk tema hari ini anda bisa pahami dan bisa anda
praktekkan mudah-mudahan Allah senantiasa mewujudkan niat kita menjadi seseorang yang menjadikan
murid kita mencintai ilmu, mudah-mudahan bermanfaat .
selanjutnya pak Arif mengatakan bahwa tipe
guru berdasarkan kinerja yaitu saya membagi tiga tipe guru yang pertama adalah nyasar yang
kedua bayar dan yang ketiga sadar, jadi
terbayang di ingatan saya, saya termasuk guru yang mana, ini yang membuat saya
sangat senang karena saya bisa tau kalau saya termasuk guru yang mana, mudah
mudahan bapak ibu guru yang lain juga merasakan hal yang saya rasakan
Ada
Lima langkah yang bisa anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator dan
silakan Anda praktekkan 5 langkah ini maka dengan langkah-langkah ini
diharapkan anda mampu menjadi guru yang dicintai guru yang dirindukan guru yang
menginspirasi dan guru yang menjadikan murid-murid anda mencintai anda dan
mencintai ilmu yang anda bahwa sebelum saya berikan 5 saya ingin mencoba
membahas sedikit tentang bagaimana peran seorang guru yang sesungguhnya ada 4
peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh peran yang
pertama adalah mengajar peran yang kedua adalah mendidik peran yang ketiga
adalah menginspirasi dan peran yang terakhir adalah menggerakkan terkadang kita
lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajak memindahkan keilmuan yang ada di
otak kita kotak murid kita memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran kita jadi
kalau guru hanya sekitar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan
pola-pola hari ini bisa online mereka bisa belajar dari YouTube bahkan sekarang
sudah ada online yang memungkinkan murid Anda bisa belajar keilmuan tanpa
kehadiran guru saya ingin Anda masuk ke zona berikutnya yaitu mendidik
bagaimana seorang guru mendidik tentu guru menjadi idola menjadi teladan
menjadi contoh guru sendiri dari 2 kata digugu dan ditiru diharapkan ketika
Anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma-norma
baik yang bisa dijalankan oleh anak didik kita dalam keseharian kedisiplinan
kejujuran bisa dipercaya berbagi bekerja sama berkomunikasi memudahkan urusan
orang lain menolong membantu itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda
mendidik dan anda bisa masuk lewat pembelajaran apapun mungkin ada guru
matematika ada bisa mengajarkan tentang kejujuran kedisiplinan mungkin anda
adalah guru IPA bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka bersyukur bagaimana
mereka mampu berinteraksi bagaimana mereka mampu menjaga dan ternyata guru yang
mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi guru yang mampu menginspirasi
kenapa karena dari apa yang ada di garasi dia akan menjadikan anda menjadi
bagian dari history bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian
dari ataupun cerita Anda adalah sosok yang menginspirasi mereka ketika anda
mampu menunjukkan energi anda mampu menunjukkan keteladanan anda mampu
menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka adalah inspirator bagi mereka anda
motivator bagi mereka dan akhirnya ada mampu menggerakkan mereka untuk mengerjakan
apa yang Anda sarankan menggerakkan mereka menjalankan apa yang ada rapat jadi
sekali lagi guru yang hebat adalah guru yang tidak sekedar mengajar tapi dia
juga mampu mendidik menginspirasi dan menggerakkan saya akan berikan 5 tips
mengajar gaya motivator dan silakan Anda pahami satu persatu disini saya akan
kirimkan beberapa video dan juga tulisan-tulisan terkait dengan mengajar dari
motivator 5 tips bagaimana guru dirindukan dicintai dan menginspirasiyang
ketika setiap guru mempraktekannya maka ada sebuah nuansa yang berbeda yang
akan dirasakan oleh anak didik ataupun murid-murid anda langkah yang pertama
adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan itulah yang pertama dengan
menarik memiliki daya tarik anda memiliki amin berikut beberapa contoh
bagaimana anda membuka untuk mengizinkan untuk anda dalam sebuah kondisi yang
pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan keuntungan punya
masalah dengan suami ingat istri dengan teman itu bukan masalah jadi pastikan
anda masuk dalam komisi minimalnya dalam senyawa senyum 12251 dari hati 2 centi
dan 2 centi kiri cukup 5 detik kalau terlalu lama itu kerang jadi cukup senyum
masuk yang pertama dan yang kedua Anda sapa mereka dengan salam, berikan
apresiasi izinkan untuk anda yang pertama Anda masuk dalam sebuah kondisi yang
senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan murid anda
kalaupun Anda punya masalah dengan suami dengan istri dengan teman itu bukan
masalah mereka anda jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman minimalnya
adalah senyumlah yang pertama dan yang
kedua Anda sapa mereka dengan salam yang berbeda kalau selama ini Anda
mengatakan salam langsung assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh maka
mereka belum siap coba anda ganti dengan format seperti berikut semoga siswa
yang menjawab salam saya cerdas otaknyatips berikutnya agar pintu mengizinkan
anak didik Anda terbuka untuk Anda sehingga mereka mengizinkan dirinya
memperhatikan dan mendengarkan Anda menyukai apapun yang anda bawa yang kedua
adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pelajaran dimulai mainkan
game sederhana sebelum pembelajaran dimulai Anda bisa lakukan anda bisa lakukan
tebak-tebakan anda bisa lakukan games yang bisa Anda ambil dari YouTube dari
internet insya Allah saya akan coba kirimkan kepada anda contoh-contoh video
sederhana ketika kami memberikan materi training pada siswa-siswi sebelum
pembelajaran dilakukan mudah-mudahan dengan contoh-contoh ini anda akan mudah
memahami dan melakukan nya selamat mencoba,terimakasih
keren banget materinya malama ini, https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5e988d1e097f361b6104abf2/gunakan-teknologi-yang-ada-dalam-pembelajaran-modern
BalasHapusbenar omjay saya terpukau
Hapusbagus resumenya
BalasHapusalhamdulillah terimakasih,sering-seringlah bertamu
HapusKereen buk fatim..
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih ibu,tolong kunjungilah kami selalu
Hapusmantap....
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih
HapusMantap Bu
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih
HapusKeren Bu cakinin.blogspot.com
BalasHapusia cakinin terimakasih
Hapuskeren
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih,kunjungilah kami selalu
HapusTulisannya bagus, mengalir. Layoutnya juga bagus
BalasHapusterimakasih,doakan aja semonga cepat bisa
HapusBagus sekali buu
BalasHapusalhamdulillah,terimakasih
HapusMantuuul
BalasHapusMengalir sekali bu..
BalasHapuswijjindayat.blogspot.com
Alhamdulillah
HapusAlhamdulillah
BalasHapus