PTK DAN ARTIKEL ILMIAH
BISMILLAH HIRRAHMA NIRRAHIM
hari ini kami mendapatkan materi menulis tentang PTK ,alhamdulillah saya sendiri sudah pernah membuat sebanayak tiga buah PTK ,karena untuk kenaikan pangkat ini syarat mutlaknya tidak boleh tawar menawar,jelasnya kita harus berkarya dan berkarya.
ibu rahmi mulai memaparkan isi kuliahnya yang sangat erat kaitanya dengan guru,maka bapak ibu guru simaklah ini baik baik agar jadi penulis PTK yang handal tentunya :
A. Pembahasan
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir : adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
LAMPIRAN-LAMPIRAN
hari ini kami mendapatkan materi menulis tentang PTK ,alhamdulillah saya sendiri sudah pernah membuat sebanayak tiga buah PTK ,karena untuk kenaikan pangkat ini syarat mutlaknya tidak boleh tawar menawar,jelasnya kita harus berkarya dan berkarya.
Menulis PTK DAN ARTIKEL ILMIAH
materi menulis ini di sampaikan oleh,........!
berikut biodata guru belajar menulis kami kali ini :
berikut biodata guru belajar menulis kami kali ini :
BIODATA
Nama : DRA. RAHMI WILANDARI , M.Pd
Tempat, Tanggal Lahir : SURABAYA, 1 JANUARI 1965
Alamat Rumah : JL. SUTEDI SENOPUTRA GG CEMPAKA I/2
KARANGPILANG SURABAYA 60221
Alamat Surel : rahmi.smadda@yahoo.com
Blogger :
edukasirahmiwilandari.blogspot.com
Nomor HP : 081235192393
Program Studi S-1 : S1
Pendidikan Ekonomi Tahun Lulus 1988
Program Studi S-2 : S2 Pendidikan Ekonomi Tahun Lulus 2013
Tempat mengajar : SMA
Negeri 21 Surabaya/ Jawa Timur
Daftar Karya :
1. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA
Surabaya
“ Pembelajaran Kooperatif Tipe Thik
Pair Share dengan Media 3D Topiscape SE ( Student Edition ) untuk Meningkatkan
Ketuntasan belajar Siswa ( 2013) “
2. Pemanfaatan Media Pembelajaran
Audio dan Multimedia ( 2013 )
3. My Literacy for My Future (
Literasiku, Masa Depanku) ( 2017 )
4. Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Make a Match dengan menggunakan Media Kartu Remi ( Playing
Cards ) untuk meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa pada Materi Permintaan dan
Penawaran ( 2018 )
5. Wajib dan perlukah Pendidikan
Kewirausahaan di SMA ( Artikel Ilmiah ) ( 2019)
6. Membangun Karakter Generasi
Milenial menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ( 2019 )
Daftar Penghargaan :
1. Juara 3 LKTI Majalah Media (PGRI) Tingkat Jawa Timur tahun 2013
2. Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI Literasi ) Tingkat Nasional 2018 untuk jenjang SMA / MA / SMK
diselenggarakan oleh Penerbit PT. Erlangga Jakarta
Beliau berkata : Pada dasarnya ada beragam penelitian
yang dapat dilakukan oleh guru, misalnya penelitian deskriptif, penelitian
eksperimen, dan penelitian tindakan. Di antara jenis penelitian tersebut
yang diutamakan dan disarankan adalah penelitian tindakan kelas ( Action
Research). PTK bukanlah sesuatu hal yang
sulit dilakukan oleh seorang guru , semua itu bisa diangkat dari permasalahan
sehari-hari dimana kita mengajar. Dan untuk menulis bukanlah menjadi hambatan
bagi seorang guru. Semua tergantung pada motivasi, keinginan, serta semangat
dari diri sendiri untuk mencoba memulai
menulis, dan jangan ragu untuk memulai menulis.
Menulispun juga ada bermacam-macam , bagi seorang guru
yang punya bakat dan imajinasi yang tingg bisa menulis Cerita Pendek ( CERPEN )
atau menulis Cerita Bersambung ( CERBUNG )atau Novel. Mulailah dengan menulis
sedikit tentang cerita pengalaman kita setiap hari, dalam bentuk buku harian.
Lama kelamaan kita akan menjadi suatu kebiasaan, jika tidak menulis sehari saja
akan terasa ganjil.Seakan tiada hari tanpa menulis..
Guru dituntut untuk dapat menulis
laporannya. Selama ini kendala yang muncul dari guru yang berstatus PNS jika mengajuan kenaikan
pangkat dari IV a ke IV b adalah adalah
pada UNSUR UTAMA Point E. PKB ( Penilaian Kinerja Berkelanjutan ) ada 3 point yang harus diperhatikan :
1. Pengembagan Diri
2. Publikasi Ilmiah
3. Karya Inovatif
Uraian
- Unsur Utama : Pengembangan diri + ( Publikasi Ilmiah +
Karya Inovatif ) = 90%
- Unsur Penunjang :
=10 %
Kesimpulannya
bagi seorang guru dituntut untuk membuat Publikasi Ilmiah antara lain : PTK,
Karya Ilmiah atau Best Practise atau Researh and Development dll
Didalam UNSUR UTAMA Nilai tertinggi jika kita bisa membuat
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) mau
tidak mau, suka atau tidak suka kita sebagai guru dituntut untuk membuat PTK. Unsur Utama selain PTK bisa Karya Tulis
Ilmiah, Artikel Ilmiah, atau Best Practise. Dalam penyusunan laporan PTK perlu
mengikuti garis besar sistematika yang umum digunakan. Untuk memudahkan menulis
laporan, terlebih dahulu harus dikembangkan format atau struktur laporan.
Secara garis besar, laporan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembukaan,
bagian isi, dan bagian penunjang. Bagian pembukaan terdiri atas halaman judul,
halaman pengesahan, dan abstrak. Bagian isi terdiri atas pendahuluan, prosedur,
hasil dan pembahasan, simpulan dan rekomendasi atau saran. Bagian penunjang
terdiri atas daftar pustaka, lampiran-lampiran yang perlu, dan lampiran
instrumen penelitian. Penjelasan rinci, dapat diperhatikan contoh salah satu
format laporan PTK berikut ini.
kemudian ibu rahmi memberikan contoh format PTK untuk memudahkan kita dalam menulis PTK .luar biasa,mari kita simak bersama-sama.
kemudian ibu rahmi memberikan contoh format PTK untuk memudahkan kita dalam menulis PTK .luar biasa,mari kita simak bersama-sama.
CONTOH FORMAT LAPORAN PTK
Halaman
Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )
KATA PENGANTAR
DARTAR ISI
DAFTAR TABEL
Halaman Pengesahan
Abstrak
(Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata )
KATA PENGANTAR
DARTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GRAFIK
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB
I PENDAHULUAN
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
A. Masalah dan latar belakang masalah Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Rumusan masalahUraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (misal: mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/ TIK?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan penelitianUraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Ruang Lingkup PenelitianSebutkan lingkup atau batas- batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Manfaat penelitianUraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB
II : PEMBAHASAN, KERANGKA PIKIR DAN
HIPOTESIS
A. Pembahasan
uraikan dengan seksama dan deskriktif variabel penelitian anda (Uraikan variabel X dan Y)
B. Kerangka pikir : adalah sintaks dari hasil analisa variabel penelitian yang berbentuk skema yang menghasilkan sebuah pernyataan
C. Hipotesis : berisi dugaan sementara calon peneliti terkait variabel penelitian yang biasanya ditandai dengan kalimat :jika... maka...
BAB
III : PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Setting PenelitianSebutkan
lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan
karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk
aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian1.
Gambaran Umum Penelitian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
-
Rincian
Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk
menspesifikasi masalah dan
rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK
dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan
di kelas
b. Implementasi
Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tidakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan
Evaluasi
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
Uraikan Prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat- alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan
Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
BAB
IV: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB
V : SIMPULAN DAN SARAN
A. SimpulanSimpulkan
hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang
diteliti
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang
B. Saran- saranAjukan saran- saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut dimasa mendatang
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
Silabus
2. Materi Ajar
3. RPP
4. Media Pembelajaran
5. Nilai dan daftar hadir siklus 1-3
6. Lembar Pengamatan Aktivitas Guru
7. Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa
8. Foto kegiatan Penelitian
9.
Lampiran lain-lain ( Undangan Seminar, Panitia Seminar, Notulen Seminar, Surat
Pernyataan Keoriginal Penelitian , Surat Keterangan Waktu Penelitian ,
Penyerahan PTK ke Perputakaan Sekolah)
CONTOH ABSTRAK
Wilandari,
Rahmi. 2018.
Penerapan
Pembelajaran
Kooperatif
Tipe Make a match( Mencari Pasangan)dengan
Media Kartu Remi
untuk
meningkatkan
Ketuntasan
Belajar
Siswa
Materi
Permintaan
dan
Penawaran
Di
Kelas
X IIS 1 SMAN 21 Surabaya
•.
Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan menerapkan pembelajaran
Kooperatif Tipe Make
a Match ( Mencari
Pasangan
) dengan Media
Kartu
Model Remi
untuk meningkatkan Ketuntasan belajar Siswa
kelas X IIS1
di SMAN 21
Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang
terdiri dari 3 siklus. Subyek
penelitian
adalah
siswa
kelas
X IIS1 SMA Negeri
21 Surabaya.Tehnik
Analisa
data untuk
validitas
soal
menggunakan
rumus
korelasi
Product Moment Pearson
Kesimpulan
dari
hasil
penelitian bahwa
: (1) Rata-rata hasil
Belajar
siklus
pertama 76,49 pada
siklus
kedua
rata-rata hasil
belajar
: 78,92 dan
pada
siklus
ketiga
rata-rata hasil
belajar : 84,32 , (2) Pada
siklus
pertama
siswa
yang dinyatakan
tuntas
sebesar
64,86 %, sedangkan
untuk
siklus
kedua
siswa
yang dinyatakan
tuntas
sebesar
75,68 % untuk
siklus
ketiga yang tuntas
89,19 %. (3) adanya
respon
positif
dari
siswa
terhadap
penerapan
Kartu
Model Remi
sebagai
media pembelajaran.
Berdasarkan
angket
respon
siswa
sebagian
besar
siswa
setuju
dan
sangat
setuju
dengan
penerapan
pembelajaran
kooperatif
tipe
Make a Match dengan
Kartu
Model Remi.
Hal ini
dapat
disimpulkan bahwa
Pembelajaran
Kooperatif
tipe Make a Match
dengan
Media Kartu
Remi
dapat
meningkatkan
ketuntasan
Belajar
Siswa
di
SMAN 21 Surabaya
Kata
kunci
: Kooperatif Make a Match
, Ketuntasan
Belajar
Siswa,
Media Kartu
Model Remi
baik bapak ibu sekalian bagi yang belum pernah menulis PTK,maka menulislah mulai saat ini dan bagi yang sudah pernah menulis PTK mudah mudahan ini menambah referensi kita untuk menuju karya PTK yang lebih umggul kiranya
tidak hanya itu ,setelah ibu rahmi yakin bahwa bapak ibu guru sudah sangat memahami tentang PTK maka ibu rahmi kembali mengaja bapak ibu untuk menuliskan Artikel ilmiah , karena ibu rahmi sangat tau akan kebutuhan bapak ibu guru,maka mari kita telusuri bersama-sama;
baik bapak ibu sekalian bagi yang belum pernah menulis PTK,maka menulislah mulai saat ini dan bagi yang sudah pernah menulis PTK mudah mudahan ini menambah referensi kita untuk menuju karya PTK yang lebih umggul kiranya
tidak hanya itu ,setelah ibu rahmi yakin bahwa bapak ibu guru sudah sangat memahami tentang PTK maka ibu rahmi kembali mengaja bapak ibu untuk menuliskan Artikel ilmiah , karena ibu rahmi sangat tau akan kebutuhan bapak ibu guru,maka mari kita telusuri bersama-sama;
ARTIKEL ILMIAH
Untuk
Penulisan Artikel Ilmiah yang sedang (
1500 -2000 kata ) kita bisa menuliskan dalam beberapa Paragraf
- Paragraf
1 ( berisi Pengantar dan Permasalahan )
-Paragraf 2-10 (
Pembahasan dan Cara / Altenatif Pemecahan / Solusi )
-Paragraf
ke 11 ( Kesimpulan )
-Kertas
ukuran A4 3- 4 halaman dengan spasi 1,5
-Jika
untuk Lomba tergantung permintaan panitia
Untuk
artikel Ilmiah pendek 500 -1000 kata sdh bisa menjadi artikel Ilmiah ( Jawa Pos )
nah bapak ibu guru yang cerdas mari kita membuat artikel ilmiah supaya bisa di muat di surat kabar dan menambah wawasan kita dalam menulis.
ayoo bangkitlah bapak ibu guru,selaraskan otak dan otot kita supaya saling sinkron,maka menulislah.
awali setiap tulisan itu dengan membaca bismillahdan akhiri setiap tulisan itu dengan syukur alhamdulillah,maka kita akan mendapatkan pahala dan tulisan kita cepat selesai.
jadi tunggu apalagi bapak ibu mulailah dari sekarang untuk menulis PTK dan artikel ilmiah,ayoo berkarya,terimakasih,syukran alhamdulillah
nah bapak ibu guru yang cerdas mari kita membuat artikel ilmiah supaya bisa di muat di surat kabar dan menambah wawasan kita dalam menulis.
ayoo bangkitlah bapak ibu guru,selaraskan otak dan otot kita supaya saling sinkron,maka menulislah.
awali setiap tulisan itu dengan membaca bismillahdan akhiri setiap tulisan itu dengan syukur alhamdulillah,maka kita akan mendapatkan pahala dan tulisan kita cepat selesai.
jadi tunggu apalagi bapak ibu mulailah dari sekarang untuk menulis PTK dan artikel ilmiah,ayoo berkarya,terimakasih,syukran alhamdulillah
Sip buk.. Lngkap.
BalasHapusAlhamdulillah, terimakasih
HapusKomplit bu fatim..jelas
BalasHapusAlhamdulillah, syukran mudah mudahan dapat bermanfaat kiranya
Hapus