REKAP JEJAK SANG MUTIARA


mutiara hitam begitu sebutan keren untuk bapak arif
alhamdulillah hari ini kita akan mendengarkan rekap jejak pak arif mengenai inovasi pembelajaran di ajang nasinal.baik mari kita simak bersama.
bapak mutiara memulai kisahnya :
 assalamualaikum, salam sejahtera bapak ibu hebat semuanya,spontan dalam hati kami menjawab wa alaikum salam bapak mutiara hitam yang cemerlang menyabut masa depan yang luar biasa
kemudian bapak arif melanjutkan ceritanya ,
pak arif berkata mohon izin untuk berbagi pengalaman mengenai kompetisi inobel di tingkat nasional
 saya arif guru biologi aslinya solo namun mengabdi di Alor NTT ,itulah saya sang mutiara hitam
lalu beliau berkata sebelumnya mungkin bisa disimak terlebih dahulu mengenai inovasi yang pernah saya lakukan dalam video youtube yang sudah di share tadi,alhamdulillah sudah kami simak bapak,dan ternyata isi videonya luar biasa menarik dan tertarik sehingga tak lepas mata dari isi vidionya
kemudian sang mutiara berkata ,baik pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. pengen membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan, selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal.

Dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi,sehingga muncul ide inovasi dari sebuah masalah atau potensi. kalau saya jelas banyak masalah,dan yang jelas masalah harus di selesaikan hingga tuntas kiranya, dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah saya yang tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet πŸ˜”
, Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. bisa media, bahan ajar, atau lainnya,jika  menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi dan bisa juga karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau yang saya buat pengembangan (R&D) ,ini untuk jenjang dikmen ya bapak ibu.karena setiap jenjang berbeda kaidahnya,papar mutiara hitam,

selanjutnya mutiara hitam berkata untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan  https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/&ved=2ahUKEwjnieLbyq3pAhWMf30KHSp1AdgQFjAAegQIBhAD&usg=AOvVaw1mpfWejapwzbEz7nKmAdtc
 mohon maaf itu link kesharlindung nya kata mutiara hitam ,

pendaftaran dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya,alhamdulillah mudah dan gampang sekali bapak ibu,saya akan coba memaparkanya :

tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian.dan apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud, setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah, dilakukan seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya

 untuk jenjang sma ada 3 bidang sma, smk dan sekolah inklusi ,ini luar biasa lengkap
 untuk jenjang dikdas kalau tidak salah langsung mengirim laporan hasil penelitiannya. bidangnya ada ipa, soshum dan lainnya. mohon koreksinya bila salah

pada saat saya ikut itu tepatnya   tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis. SMA 50 dan SMK 50. waktu itu belum ada inklusi dan  tahun 2018 format dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah juara, madya yang pernah masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang pertama kali mengikuti. terimkasih om jayπŸ™πŸ˜Š

adapun  tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian., tes tertulis berisi soal peadagogik pilihan ganda 100 soal, tahapan lomba inovasi paling tidak seperti itu bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang terlupa.kata pak arif sambil tersenyum santai.

Sekarang kita akan coba membahas mengenai inovasi yang saya lakukan di sekolah,sekolah saya di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam dan ter ter lainnya.wah banyak ter nya terakhir adalah terindah itu pastinya,

pak arif lanjut bercerita,berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur leste yang dipisahkan oleh selat,jika kami ingin ke dili lebih dekat daripada ke kupang bila naik kapal atau pesawat, minimnya sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik,lebih banyak dan lebih sempurna,maka pada tahun 2016 itu saya  terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d yang saya gunakan umtuk  menjelaskan materi pembelajaran biologi yaitu mengenai invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali,jadi menurut saya  biar menarik saya coba membuatnya
baik saya akan coba paparkan cara membuatnya :

pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan hp android sebagai penayang video atau gambarnya,mika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah, maklum memamfaatkan apa yang ada di sekitar kita,namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik.maklum biar keren dan berkelas tentunya ,saya  Beli di toko harganya 30rbu seukuran kertas A4,ternyata tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam..lalu saya menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitian yang saya lakukan tutur sang mutiara
setelah produk jadi ,saya coba bawa untuk di nilaikan oleh  pengawas sekolah ,dan alhamdulillah hasilnya  valid. Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran,rasa gemberi mulai terasa di hati saya, setelah itu  saya ujicobakan ke siswa-siswi  dan mendiseminasikan ke teman guru lain,diluar dugaan alhamdulillah  hasil yang didapat minat dan hasil belajar anak meningkat dratis,ini yang sangat kita harapkan .

dan di  Tahun 2018, saya sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan apa yang harus dilakukan.,maklum sudah belajar dari pengalaman tahun lalu,media ini saya kasih nama supaya keren dan namanya adalah Millea : Mikroskop lensa laser tenaga surya,dapet ide juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan. Tidak ada mikroskop untuk pengamatan, padahal biologi 40 persen praktek di lab yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop maka sebagai ngantinya saya buat  media ini, alhamdulillah media ini sangat  sederhana dengan bermodalkan sebuah  hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk sorot-sorot itu, sehingga perbesarannya bertambah dan  sudah cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan.ini sangat membuat saya puas dan gembira ,walaupun hasilnya belum maksimal namun ada hal baru yang anak dapat dalam pembelajaran tersebut.

 Dari 2 ide itu, saya beruntung mendapatkan nomor juara,tutur mutiara hitam
Mungkin kasian melihat saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke Ibukota untuk belajar, Dari awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi. Tahun 2108 yang berencana untuk ikut ambil bagian. Dan sisanya bonus saja dan alhamdulillah saya  Dapat berkenalan dengan teman guru se Indonesia,ini yang membuat saya lebih bersemangat, karena tidak menyangka saja, saya yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah mereka dan di kota besar lagi yang penuh dengan manusia yang beraneka ragam,wooo sunguh luar biasa kata pak arif

 Mungkin itu bapak ibu hebat yang dapat saya bagikan mengenai pengalaman mengikuti lomba inobel,papar mutira hitam.lalu beliau berkata kurang lebihnya saya mohon maaf, dan bisa disambung dengan sharing.baik  saya kembalikan kembali Om BamS. terimakasih πŸ™πŸ˜Š
 Luar biasa pengalaman yang keren banget pastinya,alhamdulillah tepat kiranya,sekarang kita akan lanjutkan ke sesi kedua yaitu sesi tanya jawab kata ombams ,kita langsung aja kepertanyaan nya

 pertanyaan perdana dan pertamaz silakan 
 Yth.Bpk ArifSaya Achmad Husin dari Bangka .pertanyaan saya.
inovasi pddkn yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut olimpiade ?....trimkasih Pk.Arif..ats ilmunya

lalu pak arif menjawab  Terimakasih pak Achmad  dari Bangka. Menurut saya, Bidang inovasi itu banyak sekali pak. Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut. πŸ™
kemudian pak arif berkata next

maka masuk ke pertanyaan kedua
 Perkenalkan saya Rachmi dari Banyuwangi, mau tanya utk om Arif...menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan saya 2 ide itu yg akhirnya juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?Terima kasihπŸ™
pak arif menjawab dengan lemah lembut ,alhamdulillah sudah di share di vidio ibu,terimakasih

selanjutnya pertanyaan ketiga
 Sangat kreatif, memang pantas menjadi juaraπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ»
pak arif berkata terimakasih banyak

pertanyaan ke 4
 Sy,  Asfia dari Kudus Bp. Arif mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak sekolah, terimakasih
pak arif menjawab  Terimakasih ibu Asfia, kimia masih serumpun dengan mapel saya ibu. dan terkadang saya juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda ibu. Media yang saya buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus.
Namun saya melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Siswa saya yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan sebuah media digital bagi mereka. πŸ™

lanjut ke pertanyaan ke 5
 Assalamualaikum pak Arif,saya Nora dari Semarang,,mohon maaf sebelumnya,,pak Arif apakah lulusan Unnes? wajah nya sepertinya saya familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
 Ada beberapa hal yang saya tanyakan
1. Bagi guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK?

2. selama pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa LFH?

3. Untuk mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan asli , terimakasih, salamπŸ™

pak arif menjawab .Terimakasih ibu Nora.betul ibu saya lulusan Unnes. dan pernah mengabdi di Sma 14 semarang.( woo rupanya kawan bu nora ya )
1. Setau saya sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu saya juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih terbatas pada struktur tumbuhan.

selanjutnya pertanyan ke 6
 Muh. Said Makassar Pertanyaan :
1. Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran ?

pak arif menjawab  Terimaksih pak muh Said.
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya : Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi

berikutnya pertanyaan ke 7

selamat siang,perkenalkan saya Lya fransiska dari Bali,
saya ingin bertanya dalam pembuatan karya inovasi seperti yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi semua kemampuan peserta didik???  terimakasih πŸ™

pak arif berkata Terimakasih ibu Lya.
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita tulis. Dalam media yang saya buat tidak bisa menaungi semua kemampuan. πŸ™

berikutnya pertanyaan ke 8
Selamat siang saya Ni Kadek Sumertini dari SLB N 1 Buleleng Bali,,
Sangat menarik sekali karya inovasi yang dishare,,pertanyaan saya: Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
Terima kasih

pak arif berkata ,Baik terimakasih ibu Ni Kadek.
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun ibu.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah. πŸ™πŸ˜Š

berikutnya pertanyaan ke 9
Selamat siang Perkenalkan saya putrin dari Blitar mau tanya dan ingin mengeri tentang langkah awal dan cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak. Terimakasih.

mutira hitam berkata  terimakasih ibu putrin.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri. Insyaallah saya cari terlebih dahulu. πŸ™πŸ˜Š

pertanyaan ke 10
Saya Sri Budi Handayani dari Gresik mau bertanya
Sebelumnya saya mengucapkan  selamat atas prestasi yang sudah diraih Bapak.
Apakah Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer?
Gr itu singkatan apa Pak.Maaf,Di belakang nama Bapak.

pak arif menjawab. terimakasih ibu Sri.
 saya guru biologi saja ibu namun suka komputer.Gr itu gelar yang diberikan setelah mengikuti Pendidikan Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di sertifikat pendidik.

pertanyaan ke 11
Assalamualaikum Pak Arif, sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, bs sharing ke kami pak...apa kriteria utama penilaian  dewan juri terhadap sebuah karya inobel? TrmkshπŸ™.

pak arif menjawab . Terimakasih pak Candra, instrumennya banyak. nanti saya share ya pak. Namun yang utama untuk produknya orisinal atau keterbaruan, kebermanfaatan atau dampak, mudah ditiru atau digunakan. πŸ™

pertanyaan ke 12
Ass. Wr. Wb,Selamat siang Pak Arif D
Bagaimana minat dan hasil anak sebelum menemukan alat ( karya inovatif) Apakah ada ide lain untuk mrngembangkan karya itu.  Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga membuat karya inovatif yg juga memilili manfaat untuk anak2).Rifatun Salatiga JawaTengah Terimakasih

pak arif menjawab,  Wassalamualaikum.,Terimakasih ibu Rifatun.
Hasilnya minat anak naik signifikan ibu, saya membawa produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan. Untuk guru kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada 15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak. Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya saya ajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya.

pertanyaan ke 13
Assalamualaikum.....saya ika siswati dari kota tangerang mau menanyakan.....dari dua narasumber yang dihadirkan yang kemarin bp. tri agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. . Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria pembuatan inobel untuk tingkat nasional pak?

pak arif menjawab Wassalamualaikum.,Terimaksih ibu Ika.
Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara ibu. Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya. Nanti setelah selesai saya bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan dan formatnya

pertanyaan ke 14
Selamat sore pak, sesuai pengalaman bapak, metode apa yang paling dominan bapak gunakan dalam proses belajar? Apa alasan bapak menggunakan metode tsb? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.

pak arif menjawab, Selamat sore Pak Yulius, terimakasih.
yang paling dominan sya menggunakan metode diskusi, pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek based learning atau Problem based learning. Alasannya kedua model tersebut dapat menggali kemampuan siswa secara sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.πŸ™πŸ˜Š

pertanyaan ke 15
Yth. Om Arif. Pekenalkan nama saya Nurhaida dr Riau. Bagaimana cara memotivasi siswa yg lebih suka membantu ortunya dikebun karet dari pada kesekolah. Ada juga murid yg suka mengganggu temannya. Sepertinya hrs sekolah ke slb. Tapi di tempat saya belum ada sekolah slb. Saya kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.

pak arif menjawab, terimakasih ibu nurhaida.  Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih suka anaknya bekerja diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil.  yang pernah kami lakukan adalah visit home ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang berkebutuhan khusus harua mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga saya belum punya pengalaman. πŸ™πŸ˜Š

maka tibalah kita pada penghujung acara yaitu pertanyaan terakhir tepatnya pertanyaan ke 16 ternyata kosong artinya habis lah sudah maka dari pada tidak ada ,sebaiknya kita isi dengan pesan aja buat semua bapak ibu guru penulis kata pak arif .tentu kata moderator kita dengan cepat dan sigap,silakan pak arif bersenandung kata OM bams

tak menugu lagi mutiara hitam langsung berkata,
 semnagat bapak ibu guru, semoga diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mendidik anak bangsa πŸ™πŸ˜Š  dalam hati kami menjawab,terimakasih banyak bapak,alhamdulillah Aamiin.....

tibalah saatnya untuk berpisah lalu moderator mohon diri dengan  berucap ,Terima kasih Om Arif  Omnay, saya MrBamS undur pamit. Mohon maaf lahir bathin jika ada yang kurang berkenan. Saya kembalikan ke Omjay ,Wswrwb πŸ˜ŠπŸ™πŸ‘

kata-kata terakhir yang terucap oleh pak arif , Terimaksih om jay, Om Bams. mohon maaf bapak ibu guru bila salah penyampain kata. mohon izin undur diri. πŸ™,alhamdulillah terimakasih juga bapak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan menulis

Pelatihan menulis

MULAILAH MENULIS SEKARANG JUA