Pembelajaran daring yang ideal
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
alhamdulillah hari ini kita masih diberi umur panjang dan kesehatan sehingga kita dapat kembali menulis pengalaman kita tentang pembelajaran daring yang ideal, sekarang coba kita kupas dulu makna kata ideal, ideal itu artinya sesuai atau sempurna,nah menurut pendapat saya pembelajaran yang sesuai itu harus dilihat pada perbedaan individu ( siswa ) jadi kita harus memperhatikan dulu karakter siswa kita,,dulu saya sangat ringan pembelajaran yang paling ideal adalah pembelajaran luring terima saya kecil kemudian sekarang yang kita lihat pembelajaran yang paling ideal adalah pembelajaran online atau pembelajaran daring saya bisa simpulkan pembelajaran itu menjadi ideal sangat tergantung pada input proses dan output artinya apa saja pembelajaran jarak jauh yang kita lakukan itu t bagus atau tidak sangat tergantung pada keinginan kita sebetulnya kita melakukan pembayaran online itu tujuannya untuk apa itu yang harus kita pikirkan dulu kalau tujuannya hanya memaksakan habisnya materi atau kurikulum kepada siswa maka itu penindasan terhadap siswa,maka dari itu bapak ibu tolong kembali ke edaran mentri nomor 4 dimana tujuan pembelajaran daring adalah hanya untuk supaya siswa dapat pengalaman belajar yang bermakna dan supaya siswa lebih memiliki kecakapan hidup kalau saat ini kita sedang dalam covid 19 jadi sebaiknya kecakapan hidup siswa itu mengenai pada covid- 19 kemudian kita ketahui aktivitas atau tugas belajar di rumah itu akan sangat bervariasi dan harus sesuai minat dan kondisi siswa tersebut artinya dalam melakukan pembelajaran kita harus melihat karakter siswa kita ,kalau kita sudah tahu karakter siswa kita maka pelajaran daring apapun yang kita lakukan akan menjadi ideal atau bermakna atau sempurna
oh ya saya akan menceritakan pengalamn saya daring pertama kali saya waktu itu melalui sim.pkb tahun 2015 saat itu saya merasakan bahwa pembelajaran daring sangatlah ideal ,dan saat saya kenal dengan aplikasi quipper shool maka saya berkata pembelajaran daring melalui quipper shool yang ideal lalu muncul lagi aplikasi terbaru yaitu meeting zoom ini saya kenal saat pelatihan belajar menulis lalu saya berkata woooo keren inilah pembelajaran dari yang paling ideal ,karena keyakinan saya yang kuat lalu zoom ini saya coba praktekkan dengan siswa saya, ternyata kenyataan nya jauh berbeda , siswa saya belum siap dengn meeting zoom jadi akhirnya saya coba merancang pembelajaran daring yang sesuai dengan siswa SMA Negeri 1 Dewantara,yaitu kami coba belajar daring melalui wa,grup dan nama groupnya fisika time ( hasil musyawarah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 ) artinya siswa yang berikan namanya,dan alhamdulillah saya bisa membuat komunikasi dengan siswa melalui sms,audio dan video saat itu saya yakin pembelajarn online seperti ini yang ideal lalu supaya tidak membosankan akhirnya saya masukkan aplikasi ( saat itu saya tanya ke siswa saya,mareka mau aplikasi apa ,dan alhamdulillah akhirnya pilihan kami jatuh pada aplikasi quipper shcool dan akhinya pembelajaran daring menjadi menyenangkan dan saya tetap menerapkan karakter DJTIS dan alhamdulillah pembelajarannya berjalan lancar yang membuat saya senang adalah siswa bisa,kurikulum tercapai tampa dipaksa tapi saya hanya ikut jejak omjay dengan menyapa siswa setiap hari di group fisika time dan memberikan motivasi dan tanamkan nilai karakter DJTIS ,setelah berhasil mareka akan belajar sendiri ,nanti kita seminggu masukm dua kali untuk menyapa dan memberi motivasi ,serta umpan balik materi kita ,akhinya saya mengambil kesimpulan pembelajaran dari yang ideal adalah pembelajaran yang sesuai dengan keperluan siswa kita atau pembelajaran yang mengutamakan kondisi siswa maka yakin dan percaya pembelajaran daring akan semakin jaya dan sempurna ,pembelajarn daring yang ideal sangat terngantung pada situasi dan kondisi ,serta kuota internet tentunya yang harus selalu dijaga dengan baik agar pembelajaran daring berjalan dengan baik dan lancar sesuai keinginan kita ,,sekian terima kasih
alhamdulillah hari ini kita masih diberi umur panjang dan kesehatan sehingga kita dapat kembali menulis pengalaman kita tentang pembelajaran daring yang ideal, sekarang coba kita kupas dulu makna kata ideal, ideal itu artinya sesuai atau sempurna,nah menurut pendapat saya pembelajaran yang sesuai itu harus dilihat pada perbedaan individu ( siswa ) jadi kita harus memperhatikan dulu karakter siswa kita,,dulu saya sangat ringan pembelajaran yang paling ideal adalah pembelajaran luring terima saya kecil kemudian sekarang yang kita lihat pembelajaran yang paling ideal adalah pembelajaran online atau pembelajaran daring saya bisa simpulkan pembelajaran itu menjadi ideal sangat tergantung pada input proses dan output artinya apa saja pembelajaran jarak jauh yang kita lakukan itu t bagus atau tidak sangat tergantung pada keinginan kita sebetulnya kita melakukan pembayaran online itu tujuannya untuk apa itu yang harus kita pikirkan dulu kalau tujuannya hanya memaksakan habisnya materi atau kurikulum kepada siswa maka itu penindasan terhadap siswa,maka dari itu bapak ibu tolong kembali ke edaran mentri nomor 4 dimana tujuan pembelajaran daring adalah hanya untuk supaya siswa dapat pengalaman belajar yang bermakna dan supaya siswa lebih memiliki kecakapan hidup kalau saat ini kita sedang dalam covid 19 jadi sebaiknya kecakapan hidup siswa itu mengenai pada covid- 19 kemudian kita ketahui aktivitas atau tugas belajar di rumah itu akan sangat bervariasi dan harus sesuai minat dan kondisi siswa tersebut artinya dalam melakukan pembelajaran kita harus melihat karakter siswa kita ,kalau kita sudah tahu karakter siswa kita maka pelajaran daring apapun yang kita lakukan akan menjadi ideal atau bermakna atau sempurna
oh ya saya akan menceritakan pengalamn saya daring pertama kali saya waktu itu melalui sim.pkb tahun 2015 saat itu saya merasakan bahwa pembelajaran daring sangatlah ideal ,dan saat saya kenal dengan aplikasi quipper shool maka saya berkata pembelajaran daring melalui quipper shool yang ideal lalu muncul lagi aplikasi terbaru yaitu meeting zoom ini saya kenal saat pelatihan belajar menulis lalu saya berkata woooo keren inilah pembelajaran dari yang paling ideal ,karena keyakinan saya yang kuat lalu zoom ini saya coba praktekkan dengan siswa saya, ternyata kenyataan nya jauh berbeda , siswa saya belum siap dengn meeting zoom jadi akhirnya saya coba merancang pembelajaran daring yang sesuai dengan siswa SMA Negeri 1 Dewantara,yaitu kami coba belajar daring melalui wa,grup dan nama groupnya fisika time ( hasil musyawarah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 ) artinya siswa yang berikan namanya,dan alhamdulillah saya bisa membuat komunikasi dengan siswa melalui sms,audio dan video saat itu saya yakin pembelajarn online seperti ini yang ideal lalu supaya tidak membosankan akhirnya saya masukkan aplikasi ( saat itu saya tanya ke siswa saya,mareka mau aplikasi apa ,dan alhamdulillah akhirnya pilihan kami jatuh pada aplikasi quipper shcool dan akhinya pembelajaran daring menjadi menyenangkan dan saya tetap menerapkan karakter DJTIS dan alhamdulillah pembelajarannya berjalan lancar yang membuat saya senang adalah siswa bisa,kurikulum tercapai tampa dipaksa tapi saya hanya ikut jejak omjay dengan menyapa siswa setiap hari di group fisika time dan memberikan motivasi dan tanamkan nilai karakter DJTIS ,setelah berhasil mareka akan belajar sendiri ,nanti kita seminggu masukm dua kali untuk menyapa dan memberi motivasi ,serta umpan balik materi kita ,akhinya saya mengambil kesimpulan pembelajaran dari yang ideal adalah pembelajaran yang sesuai dengan keperluan siswa kita atau pembelajaran yang mengutamakan kondisi siswa maka yakin dan percaya pembelajaran daring akan semakin jaya dan sempurna ,pembelajarn daring yang ideal sangat terngantung pada situasi dan kondisi ,serta kuota internet tentunya yang harus selalu dijaga dengan baik agar pembelajaran daring berjalan dengan baik dan lancar sesuai keinginan kita ,,sekian terima kasih
Komentar
Posting Komentar