pelatihan Menulis
Pelatihan Menulis
Resume Ke 18
Belajar Menulis Gelombang 8
Sesi 18 atau pertemuan ke
18
Hari /Tangal ; Kamis ,23
April 2020
Pemateri : Agus
Subardana,S,E,M.M
Judul : Teknik Memasarkan Buku
Penulis Resume : Fatimah,S.Si (
SMAN 1 Dewantara,Aceh Utara )
Assalamualaikum ...
Salam sejahtera bagi kita semuanya...
Bpk Ibu Yth...
Materi yang saya sampaikan mengenai Strategi pemasaran
buku...
Mohon kiranya Bpk Ibu dapat membaca terlebih dahulu
ringkasan singkat mengenai Strategi pemasaran buku...
Dengan ini kita bisa
berdiskusi dan bertanya jawab... begitu singkat padat dan jelas permintaan Agust. Subardana maka saya menjawab wa
alaikum salam.( tiga jam kemudian ) alhamdulillah baik bapak ,kemudian saya coba mengupas isi tulisan p
agus walaupun saya tau saya sudah ketingalan kereta,kuliahnya sudah selesai
Tanya jawab juga tingal buat resume ,baik kita simak sama-sama isi ringkasan
bapak agus subardana, berikut ulasan beliau
Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan salah
satu sumber ilmu
pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran
serta sarana penyampaian
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dalam rangka
mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya
anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan
nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap
budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku,
menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan
buku.
Perkembangan industri
penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin) yang
relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi. Saat
ini terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit
Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktive lagi.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat ini
kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan
masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku
yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi
Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua
strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A.
Strategi Pemasaran Buku
Serangan Udara.
a.
Pemasaran buku lewat
Online
Saat
ini yang sedang ngetren dan gencar di dunia maya yaitu Strategi Pemasaran yang
banyak di pakai oleh setiap orang yang sudah mengerti teknologi internet yaitu
berpromosi lewat Online melalui website dan media sosial lainya. Kalau kita
sudah mempunyai produk buku yang jenis katagorinya banyak maka langkah awal kita harus buat
website. Katakanlah website merupakan
markas besar untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan mempunyai website ini
kita dapat merencanakan promosi dalam melancarkan penjualan buku. Dan website
tersebut akan banyak kita isi produk, harga, promosi, layanan, alamat,
testimoni, dan lain sebagainya.
Untuk
penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi
, supaya kita dapat :
-
Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
-
Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
-
Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-
Menaikan
penjualan dan profit
-
Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
-
Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-
Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
Media
Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku yaitu sudah
tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat telepon, w.a, sms, email,
dll.
b.
Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
B.
Strategi pemasaran buku
serangan Darat
Untuk menguasai seluruh wilayah
nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan
wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat
baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua,
dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan
darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara
lain :
1.
Toko
Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri
dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko
buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku
maka kita perlu pemetaan jenis toko
buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku
Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku
tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem
administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books
Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih
dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan
Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas
masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit
buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional
diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
-
Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-
Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-
Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-
Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
-
Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Direkselling ini kita
petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori
buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar
yaitu :
-
Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
-
Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-
Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas
maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri
tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
-
Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
-
Kunjungan
langsung ke setiap kampus
-
Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
-
Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Demikian
yang dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih
banyak lagi strategi pemasaran buku yang belum kami sampaikan , di lain waktu
kita lanjutkan strategi pemasaran buku selanjutnya Terimakasih
Agust.
Subardana
Setelah
selesai membaca ringkasannya bapak agus maka saya bisa katakana bahwa Malam ini kita akan mendapatkan materi
tambahan tentang Teknik memasarkan Buku.yang luar biasa Materi ini sangat penting dikuasai oleh kita yang akan menjadi penulis buku agar bukunya
laku.wooo omjay emang ok, sudah di ajarkan cara menulis yang baik dan
benar,ketika jadi buku juga di bantu jualkan in I yang membuat saya salut sama
omjay,teruslah berbagi hingga akhir hayat di kandung badan.dan sekarang kita
lanjutkan dengan Tanya jawab berikut ini jalanya Tanya
jawab dari awal hingga akhir :
[19:09, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: terima kasih pak agus, sambil mengumumkan info bahwa puasa
besok di bulan ramadhan
[19:10, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: besok kita mulai puasa ( ia omjay terimakasih )
[19:23, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: bagi bapak dan ibu yg ingin bertanya pada pak agus, dapat
menghubungi wa omjay di 08159155515
[19:42, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan Pertama buat pak agus
[19:43, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh
banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis –
jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Apakah penerbit andi punya toko online dan bekerjasama dengan tokopedia?
Saraswati banyuwangi
[19:46, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Terimakasih atas pertanyaan ibu Saraswato...
Kami penerbit Andi
mempunyai website : www.andipublisher.com dan Ibu dapat langsung bertransaksi
lewat website tersebut...
Kami juga bekerjasama
dengan semua marketplace termasuk
tokopedia.... Terimakasih
[19:47, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 2
[19:47, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua
strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi
pemasaran buku serangan Darat,
[19:47, 4/23/2020] +62
811-2936-680: # Ibu Saraswati
[19:47, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: apakah yg aling sulit dari keduanya? Albert Kupang
[19:48, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaaan 3, Salam
Pak Agus, bagi penulis
buku pemula pemasaran yg plg efektif ygmana? Apakah serangan udara,
directselling, ataukah event. Ataukah perlu ketiganya jalan bersama? Terima
kasih.
Isminatun, Sukoharjo
[19:48, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 4, Pak Agus sy mukminin dari Lamongan. Mau tanya.
Untuk penulis yg bukunya diterbitkan penerbit mayor spt penerbit Andi mhn maaf
biar tahu brp royaltinyanya dan apakah penulis juga punya tugas yg jwb
memadatkan bukunya. Mksih
[19:49, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 5, Assalamu'alaikum Pak Agus,
saya Pak Etik Nurinto dari Kabupaten
Pemalang
Apa yang harus dilakukan penulis agar buku
yang kita tulis laku dijual..
apalagi disaat pandemi covid19 sekarang ini
terima kasih.
[19:52, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 6, Selamat malam pak, adakah kemungkinan menjalin
kolaborasi dengan pesaing dalam penjualan buku? Bagaimana penerapannya? Tks.
Yulius Roma-Tana Toraja.
[19:53, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 7, Ass.
Wr. Wb.
Selamat malam pak Agus.
Ada 3 pertanyaan:
1.Mengapa harga 1 buku antara toko yg satu dengan toko yang lain terkadang tidak sama walaupun
sampul, judul dan isi sama.
2. Apa yang membedakan
harga buku antara satu dengan yg lain berbeda walaupun halaman, kwalitas kertas
buku dan penerbit sama , tapi isi dan
pengarang berbeda?
3. Mana yg lebih banyak
diminati antara belanja buku dengan
serangan udara dengan serangan darat?
Adakah keuntungan dan kelemahan masing?
Terimakasih.
Rifatun Salatiga.
Wass. Wr. Wb
[19:53, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Terimakasih kasih pak Albert...
Dari kedua strategi
tersebut paling sulit adalah strategi pemasaran serangan darat dikarenakan
membutuhkan waktu tenaga dan tentunya adanya follow up yang terus menerus...
Sehingga keberhasilan
ditentukan oleh tenaga penjual yg kita percayakan.
Demikian yang dapat
saya sampaikan dari pertanyaan pak Albert...terimakasih
[19:54, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 8, Assalamualaikum...slmt malam..andy babel
bertanya :
1. Sebagaimana telah
disebutkan untuk penjualan buku lewat online kita harus proaktif promosi salah
satunya, Mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapt konsumen, maksudnya
seperti apa?
2. Strategi apa yg
dapat di lakukan bersama antara penerbit dan penulis ?
Atas jawabannya
diucapan terimakasih.. Andy Muhtadi
[19:55, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 9, assalamualaikum pak agus, saya mau tanya tentang pemasaran buku.
pengalaman pemateri yg paling efektif
itu melalui media apa sosial media atau media cetak atau door to door
terimaksih ☺️🙏🏻. Anwar Syafei
[19:56, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 10, Assalamualaikum wr wb
Selamat menunaikan
ibadah teraweh dg pyishical distancing
Bertanya: Bgmn
pengalaman baik dg strategi yg digunakan selama ini, mana diantara sekian
strategi yg lebih baik, butuh brp lama wktu yg di pakai unt smpi bisa jd buku
best seller
Terima kasih
Bu Iez Lumajang
[19:59, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 11, bapak nulis Melakukan Event – Event sementara
ada wabah corona, bgm caranya dilakukan saat ini? Naibaho, Sorong papua.
[19:59, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 12, Pertanyaan untuk pak Instruktur malam ini?
saya sedang memberi
tantangan untuk diri sendiri. Setiap sore tiba saya HARUS menulis. Ada yang
berangkat dari inspirasi tertentu ada yang sama sekali tanpa inspirasi.
Dapatkah tulisan seperti itu dibukukan untuk diterbitkan?
Terima kasih (Roni
Bani)
[20:00, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Bagus sekali pertanyaan nya...
Bagi penulis pemula...
Kalau naskahnya dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh penerbit skala
nasional seperti Penerbit Andi, tentunya kami akan lakukan langsung memakai dua
strategi pemasaran tersebut...
Tapi bila penulis
tersebut menerbitkan sendiri tidak
melalui Penerbit... Maka dapat melakukan strategi pemasaran buku serangan Udara
di point 2 (komunitas dan gunakan media sosial secara mandiri) . Terimakasih
[20:04, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 13, Assalamualaikum pak agus, nama saya edi
syahputra.H Dari ACeh saya ingin
bertanya, Pertama, apakah kita seorang penulis bisa memasarkan buku kita,
sementara buku karya kita diterbitkan oleh penerbit Mayor.
Pertanyaan saya yang
kedua adalah bagaimana cara memasarkan buku kepada pembaca supaya buku kita itu
laku, karena pengalaman saya bahwa buku saya yang saya tulis bukan saya jual
tapi saya bagi bagi mohon dijawab,
[20:05, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 14, Maaf Pak Agus, apakah sebagai seorang penulis
kita juga harus menguasai strategi pemasaran? Atau penerbit yang mestinya lebih
paham tentang hal itu? Terimakasih
Agus Purwadi, Ponjong
[20:06, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Baik pak...
Penulis mendapatkan hak
Royalti 10% dari total nilai transaksi terjual.
Kalau di penerbit Andi
rata2 diberikan Royati per 6 bulan / Semester terhitung sejak buku telah
terdistribusi dan di tandatangani perjanjian kedua pihak (antara penulis -
penerbit).
Penulis mendapatkan
bukunya sebanyak 3 exs.
Dan penulis di
perbolehkan mempromosikan bukunya dan kalau penulisnya beli bukunya biasanya
mendapatkan potongan 30%.
Terimakasih
[20:13, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Pak Etik Ytk...
Sebelumnya ada
Narasumber dari pak Edi S Mulyanta,
bagaimana menulis buku yang laku di jual...
Pertama yang Bisa bpk
Tulis adalah menulislah bidang yg Bpk kuasai...
Kedua Bpk bisa lihat di
google trend produk buku apa yang laku... Di situ akan di tunjukkan tren produk
buku apa yg laku di jual saat ini...
Memang buku yang laku
saat ini masih buku untuk Anak2.. Dan
novel untuk remaja.
Terimakasih
[20:20, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Malam pak Yulius...
Kemungkinan menjalin
kolaborasi dgn pesaing tentunya ada...
Contoh nya kami
kolaborasi dgn Penerbit BPFE UGM..
Adapun syarat dan
ketentuan kita harus ada titik temu dari kedua belah pihak..
Dalam penerapannya
kita akan lihat dan nilai dari aspek
produk nya, potensi pasar , daya serap
produk .
Terimakasih
[20:30, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 15, Mat malam Pak Agus, (Saya Benny Belang -
Kupang) bagaimana perusahaan penerbitan umumnya atau Penerbit Andi menentukan
harga pemasaran sebuah buku yang diterbitkan. Aspek apa saja yang paling
menentukan nilai / harga dimaksud? Trims.
[20:38, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 16, Slmt mlm pak Agust,tadi sudah dijelaskan ada
beberapa strategi pemasaran buku,apa ada teknik/ strategi pemasaran yg lebih
sederhana,klo ada misalnya bagaimana? Terimakasih,Lusia Curup.
[20:42, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 17, Assalamualaikum...saya ika siswati dr tangerang
mau bertanya
Bagaiman carnya
membentuk citra produk di benak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan?
[20:50, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Walaikumsalam Bpk..
1. Buku yg kami
terbitkan sudah ada standar harganya, di
barcode back Viber buku sudah ada harga yg tercantum sehingga harga tidak bisa
di rubah.. Kecuali ada moment promosi di toko tersebut biasanya ada mendapatkan
discount tetapi harga aslinya tetap ditampilkan.
Adapun kalau Toko
tersebut di luar pulau jawa maka ada harga Zona, sehingga harga jawa dgn harga di luarpulau
bisa berbeda (contoh harga jawa dan
harga di sumatra ada perbedaan).
2. Yang membedakan
harga adalah setiap penerbit mempunyai hak untuk menentukan harga buku
produksi... Yang di hitung dari oplah cetak nya... Semakin cetak oplahnya banyak semakin
murah. Klo oplah cetak nya sedikit
semakin mahal harga buku tersebut. Sehingga ini yg menjadi perbedaan harga dari
pe…
[21:03, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Pertanyaan point 1 :
Maksudnya klo kita
proaktive promosi produk lewat online maka dapat mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen. Dalam arti
dgn kita terus promosi maka konsumen tersebut yg tadi nya tidak respon terhadap
produk tersebut dapat mengubah perilaku
, persepsi (pola pikir) untuk
tertarik membeli produk yg kita tawarkan /promosikan sehingga mengubah
pendapatnya untuk mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.
Point 2. Strategi yg
dapat di lakukan antara penulis dan penerbit yaitu
- Melakukan Takshow
Bedah Buku secara periodik.
- Sama2 mempromosikan
bukunya
- Penulis dapat
membantu menjualkan bukunya dan pihak Penerbit akan memberikan Rabat buat
penulis.
Terimakasih
[21:08, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Bpk Anwar Ytk.
Pertanyaan Bpk sudah
ada di dalam materi singkat yang saya sampaikan.
Namun untuk saat ini
pengalaman yg paling efektif yaitu melalui media sosial /online.
Terimakasih
[21:20, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Walaikumsalam bu Lez..
Pengalaman saya dengan
sumber daya yg memadai maka strategi yg kami pakai dari paparan materi saya
tersebut saya pakai semuanya... Karena kami sebagai Industri Penerbitan buku
harus terus dapat profit dan terus mengembangkan pasar.
Waktu yg di butuhkan
untuk menjadi buku best seller rata2 4-6 bulan, dan moment jual buku tersebut.
Contohnya kalau
menerbitkan buku pelajaran maka moment jual yg tepat saat antara Mei s.d
Agustus.
Terimakasih
[21:27, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Terimakasih kasih pak Naibaho atas pertanyaan nya..
Saat ini sedang wabah
corona , kita lakukan pemasaran lewat online... Dan event2 lewat online juga.
Sementara event2 yang
sifatnya berkumpul dan tatap muka sementara kita tiadakan.
Kita berdoa bersama
semoga wabah corona segera berakhir.
Terimakasih
[21:36, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Untuk pertanyaan pak Roni... Bahwa sebelumnya sudah ada materi yg
sampaikan narasumber pak Edit S Mukanya.. Yaitu tentang penulisan buku .
Jadi supaya tulisan Bpk
tersebut layak untuk di terbitkan silakan Bpk memperdalam lagi materi tentang
cara penulisan buku.
Terimakasih
[21:41, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan 18 (terakhir), Candra-Langkat, ada tidak pnglmn bpk
pribadi.. menangani sebuah buku yg mungkin dianggap tidak terlalu disukai
pasar...namun Krn faktor X, buku tersebut booming? Terimakasih sblmny pak🙏
[21:46, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Walaikumsalam Bpk Edi..
Pertanyaan Pertama :
Penulis boleh
memasarkan bukunya sendiri walaupun diterbitkan oleh penerbit Mayor.
Penerbit justru sangat
terbantu jika penulis ikut serta memasarkan bukunya dan penulis akan
mendapatkan rabat dari penerbit.
Pertanyaan ke 2 :
Bpk bisa lakukan maka
gunakanlah jaringan komunitas Bpk untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas Bpk .
Terimakasih
[21:53, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Baik pak Purwadi..
Kalau buku Bpk
diterbitkan oleh penerbit Mayor,
tentunya pihak penerbit yang akan memasarkan dgn strategi pemasaran
masing2 penerbit.
Biasanya pihak penulis
diharapkan juga berperan mempromosikan bukunya lewat komunitas penulisnya.
Kalau bukunya diterbitkan
secara Pribadi dgn mengeluarkan modal penulis pribadi maka penulis tersebut
harus mengerti dan menguasai strategi pemasaran bukunya.
Demikian yang dapat
saya sampaikan.. Terimakasih
[21:58, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Baik pak Benny...
Penerbit menilai naskah
dari berbagai aspek:
Aspek Ideologis
Apakah topik
bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila, apakah topiknya akan meresahkan
kondisi masyarakat seperti: politik, hankam, sara, sopan santun, harga diri,
dll.
Aspek Keilmuan :
§ Apakah topik yang
dibahas merupakan topik baru bagi masyarakat, dan apakah masyarakat sudah siap
menerima topik tersebut?
§ Apakah naskah
tersebut gagasan asli atau jiplakan?
§ Terkait dengan
akurasi data maka diperlukan sumber daftar pustaka yang lengkap.
Aspek Penyajian:
§ Apakah sistematika
kerangka pemikiran baik sehingga alur logika pemaparan mudah dipahami?
§ Bahasa yang digunakan
apakah komunikatif sesuai dengan jenis naskah dan sasaran pembaca?
§ Apakah cara
penulisannya sudah benar…
+62 813-1567-4018 left
[22:04, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Pertanyaan ibu Lusia...
Teknik strategi
pemasaran buku yg lebih sederhana yaitu melakukan pemasaran langsung lewat
komunitas dan relasi penulisnya.
Terimakasih
[22:15, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Pertanyaan Bonus : Selamat malam pak Agus, saya mau bertanya:
tentang ukuran besar dan ketebalan buku yg memudahkan pemasaran jika
dibandingkan dengan minat pembaca. Apakah buku yg berukuran tebal halaman 60-70
dan standar A5 yg lebih disukai pasar?
Grefer-kupang-NTT
[22:22, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Walaikumsalam bu..
Caranya :
- Fokus pada pengisahan
cerita, bukan pada fitur produk.Tanpa cerita yang bagus, produk kita tidak akan
memiliki nilai inheren atau emosional bagi pelanggan. Terkadang, manusia itu
lebih cepat memberi respons saat diberi cerita. Bila suatu merek memberi kesan
mendalam bagi konsumen, maka hal tersebut akan berdampak pada perilaku belanja
konsumen.
- Beri nilai tambah
produk agar makin disukai konsumen
Ketika membentuk citra
merek, sebaiknya konten yang di buat harus fokus pada hal yang dapat membangun
hubungan dan membantu konsumen membuat keputusan yang tepat dan matang. Dengan
begitu, ketika mereka memilih produk kita itu karena produk kita yang paling
sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan berdampak pada hubungan yang lebih ku…
[22:27, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Halo pak Candra...
Berdasarkan pengalaman
pribadi saya..
Menangani sebuah buku
yg semula dianggap tidak terlalu di sukai pasar ternyata booming?
Pengalaman pribadi saya
pernah terjadi seperti itu pak...
Ada beberapa judul buku
yg demikian.. Karena mungkin ada faktor
X.
Terimakasih
[22:33, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Hallo pak Grefer...
Terimakasih atas
pertanyaan nya...
Ukuran Buku dan Area
Cetak
Setelah Bpk menentukan
sistematika penulisan buku , hal penting berikutnya adalah format buku yang
akan di tulis. Format buku terdiri dari beberapa ukuran yaitu ukuran besar,
standar, kecil, atau buku saku serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh
terhadap ketebalan buku dan kedalaman materi yang Anda inginkan.
Format buku di Penerbit
Andi:
Format Besar : 20 cm x
28 cm, 21,5 cm x 15,5 cm
Format Standar : 16 cm
x 23 cm, 11,5 cm x 17,5 cm
Format Kecil : 14 cm x
21 cm, 10 cm x 16 cm
Buku Saku : 10 cm x 18
cm, 13,5 cm x 7,5 cm
Format Khusus
Banyak Penulis tidak
memperhatikan format ini sehingga saat dilakukan pengaturan layout dan setting,
beberapa bagian b…
[22:34, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: http://mathwaryanto.blogspot.com/2020/04/fightingat-marketing-to-be-winning-team.html
[22:36, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Wah luar biasa sekali pak @Agus Dana sampai tak terasa sdh 3
jam lebih kita bersama. Terima aksih banyak pak Agus Suabrdana, semoga bapak
sehat sellau, aamiin.
[22:38, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Silahkan dibuat kesimpulan pak
[22:49, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Bpk / Ibu Yth..
Saya pribadi saya
mengucapkan terimakasih atas banyaknya pertanyaan seputar strategi pemasaran
buku.
Kesimpulan saya bahwa
Strategi pemasaran ..saya ibaratkan sebuah seni berkreasi, berinovasi,
berkreatifitas, dan terus
mengembangkan ide idenya.
Maka dari itu materi
yang saya sampaikan ini tentang Strategi Pemasaran buku tentu akan terus
berinovasi mengikuti perkembangan pasar.
Mohon maaf kalau ada
jawaban saya yg kurang memuaskan. Terimakasih
[22:51, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: wow, makasih banyak pak Agus suabrdana, semoga selalu sehat
dan bahagia bersama keluarga tercinta. Kita berikan tepuk tangan yg meriah
untuk pak agus, dan wa group kami buka kembali.
Omjay Buat Buku changed
this group's settings to allow all participants to send messages to this group.
[22:52, 4/23/2020] +62
811-2936-680: Amin... Terimakasih Om Jay...
[22:56, 4/23/2020]
Omjay Buat Buku: Selamat menjalankan Ibadah Puasa esok Hari. Sabtu dan minggu
kita libur dan mulai kembali hari senen dengan jadwal yg disesuikan selama
bulan suci ramadhan. Jangan lupa resume kuliah online dikirimkan ke
omjaylabs@gmail.com dan posting di blog bapak dan ibu. Buat yang baru
bergabung, nanti bisa japri omjay, terima kasih atas perhatiannya.
[22:57, 4/23/2020] +62
822-2604-1222: Mantab...luar biasa pak agus....pemaparan materi yg rinci..jelas
dan lengkap...semakin menambah gairah untuk segera menuangkan ide/imajinasi utk
terbitnya sebuah buku hasil olah rasa..olah pikir..olah jiwa..olah
imajinasi...kita..terima kasih banyak..pak agus..
[22:58, 4/23/2020] +62
822-2604-1222: Selamat malam omjay
[22:59, 4/23/2020] +62
822-2604-1222: Selamat istirahat semuanya..selamat menjslankan puasa...
Alhamdulillah ,kami
sangat berterimakasih kepada omjay dan kawan –kawan karena di pelatihan ini
omjay benar-benar menyiapkan penulis sejati yaitu penulis yang bisa menulis
juga bisa memasarkan tulisannya ,luar biasa,saya sendiri merasa sangat bahagia
karena setelah ikut group menulis gelombanmg 8 saya jadi bisa menulis dengan
hati,karena motivasi yang omjay berikan cukup besar lewat bukunya menulislah
setiap hari buktikan apa yang terjadi ,hari ini sebenarnya saya rugi besar dalam
belajar menulis karena ketingalan materi ,isya allah saya akan berusaha untuk
bisa memahami dan mengejar ketingalan saya dan Alhamdulillah saya bisa,ingat
jika ada kemauan dan tekat tentu kita bisa,terimakasih sahabat belajar menulis
semuanya ayoo maju terus bersama kita bisa .wassalam
sippp
BalasHapusLengkap pol
BalasHapus